Workshop & Field Trip Smart Farming P4S PMK Karya Sari Sedana Bersama Rikolto Indonesia

P4S PMK Karya Sari Sedana melaksanakan workshop mekanisasi pertanian smart farming berbasis internet of things kepada para peserta pelatihan dari Rikolto Indonesia yang berasal dari seluruh indonesia di P4S PMK Gobleg. Peserta masing-masing ada yang berbudidaya kopi, kakao, padi, hortikultura dan berbagai macam komoditas lainnya.

Sambutan yang pertama dari Champion P4S PMK Gobleg Gede Suardita memberikan ucapan selamat datang kepada para peserta yang telah hadir dan melaksanakan pelatihan di P4S PMK Gobleg, harapannya semoga dengan adanya pelatihan smart farming ini banyak para petani yang mulai menerapkan sistem smart farming di kebun-kebun mereka karena dengan adanya smart farming sangat membuat efisiensi kerja para petani yang awalnya membutuhkan waktu lama untuk melakukan aktivitas bertani, sekarang sudah bisa di akses dengan lebih cepat dan menghemat waktu sehingga para petani bisa melakukan aktivitas lainnya. Gede Suardita berkolaborasi dengan Nengah Sumerta selaku champion P4S PMK Karya Sari Sedana yang bergerak dalam bidang mekanisasi pertanian smart farming untuk menerapkan sistem ini. Tidak hanya di kebun P4S PMK Gobleg saja tetapi penerapan smart farming ini sudah mulai dilakukan oleh seluruh kebun anggota kelompok tani di desa Gobleg.

Lalu Pemaparan Materi Oleh Champion P4S PMK Karya Sari Sedana mengenai kelebihan dan keunggulan menggunakan smart farming, Nengah Sumerta juga menjelaskan analisis biaya yang dibutuhkan untuk menerapkan sistem smart farming pada kebutuhan lahan, pengelolaan irigasi pun sekarang bisa di akses menggunakan sistem IOT ( smart irrigation ) jika sebelumnya kebutuhan air lebih banyak dan boros untuk proses pengairan, sekarang sudah bisa dikontrol dan diperkirakan sesuai dengan kebutuhan. Nengah Sumerta juga memberikan sharing mengenai awal mulai menggunakan IOT Smart Farming dalam aktivitas bertaninya dan tentunya dengan bantuan internet yang dikombinasikan ke dalam alat-alat mekanisasi pertanian seperti digitalisasi pompa dan alat-alat lainnya yang dibutuhkan dalam penerapan smart farming. Seiring berkembangnya teknologi juga sangat memudahkan para petani dalam proses bertani mereka yaitu bertani menjadi lebih mudah dan bisa di prediksi contohnya mulai dari kondisi cuaca, kualitas tanah, kemajuan pertumbuhan tanaman pun dapat dipantau melalui satu genggaman handphone, petani juga bisa bertani dimana saja dan kapan saja tanpa harus mengunjungi lahan setiap harinya.

Setelah selesai memaparkan materi, peserta pelatihan diajak untuk melakukan praktek mekanisasi pertanian smart farming. Tahap awal yaitu pengolahan lahan membuat bedengan yang dibawahnya dipasangkan irigasi tetes. Para peserta belajar mengolah lahan, memberi pupuk, memasang mulsa pada bedengan, serta belajar memasangkan irigasi tetes. Irigasi tetes ini fungsinya untuk mengontrol air agar sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Setelah itu Febri selaku team di P4S PMK Karya Sari Sedana menjelaskan alat-alat apa saja yang digunakan dalam sistem smart farming seperti digitalisasi pompa yang sesuai dengan ukuran lahan, dan alat-alat yang digunakan untuk proses pemupukan dan penyiraman. Para peserta juga melakukan praktek memasangkan digitalisasi secara langsung dan dijelaskan juga proses pemasangan yang baik dan benar sampai dengan manfaat dan kegunaan alat-alat tersebut.

Setelah selesai melakukan praktek, sesi tanya jawab pun dimulai banyak peserta yang bertanya-tanya mengenai harga dari alat-alat smart farming, dimana bisa mendapatkan & membelinya, mereka juga berminat untuk menerapkannya di masing-masing kebun mereka, dan bertanya-tanya mengenai kelebihan serta kekurangan penerapan smart farming ini.

Setelah selesai melakukan sesi tanya jawab, lanjut ke sesi penyerahan sertifikat kepada peserta pelatihan dan dilanjutkan dengan penutupan acara kegiatan workshop smart farming berbasis iot ini.

Kami Ucapkan Terima Kasih Kepada Para Peserta Dari Rikolto Indonesia Yang Sudah Datang & Mengikuti Pelatihan Bersama P4S Petani Muda Keren Karya Sari Sedana di P4S PMK Gobleg.

Semoga dengan kegiatan workshop ini dapat memberikan manfaat baik untuk seluruh peserta yang hadir dan bisa memulai menerapkan sistem smart farming ini di masing-masing daerah mereka serta menjadi petani yang maju, petani yang cerdas dan modern akan teknologi.

Sampai Jumpa Di Pelatihan Selanjutnya Yaaa !

Salam Pertanian Maju, Mandiri, Modern

Salam Petani Muda Keren !

 

 

Posted in News PMK.

Leave a Reply

Your email address will not be published.