Pelatihan Peserta IPDMIP Di P4S PMK Gobleg

Kegiatan pelatihan hari pertama dilakukan di P4S PMK Gobleg Kabupaten Buleleng Mengenai Budidaya Hortikultura Organik & Digitalisasi Smart Farming

Acara ini disponsori Oleh KOMINFO ( Kementerian Komunikasi & Informatika ) untuk mensupport para masyarakat dan petani agar melek oleh teknologi seiring berjalannya kemajuan teknologi agar mampu menggunakan teknologi dengan bijak dan baik.

Sambutan awal dari Ketua Petani Muda Keren memberikan semangat kepada peserta pelatihan agar dapat mengikuti kegiatan pelatihan dengan baik dan menyimak dengan baik mengenai materi-materi yang akan dipaparkan oleh Narasumber masing-masing ketua P4S.

Sambutan Selamat Datang dari Ketua P4S PMK Gobleg Gede Suardita sekaligus pemaparan materi mengenai berbudidaya hortikultura organik yang sudah di terapkan di kebun PMK Gobleg, strategi dan cara-cara yang digunakan sehingga dapat berbudidaya organik.

Tidak lupa juga beliau memberikan motivasi kepada para peserta pelatihan untuk menjadi petani yang berkomitmen organik, bertani yang selaras dengan alam dan mencintai alam. karena menurut beliau bertani organik itu karena kemauan, kalau mau pasti bisa kalau memulai dengan tulus hasilnya pun akan baik kata beliau.

Selanjutnya pemaparan materi mengenai mekanisasi Smart Farming oleh Ketua P4S PMK Karya Sari Sedana Nengah Sumerta mengenai Smart Farming yang sudah diterapkan.  Jika sudah menggunakan smart farming kegiatan akan menjadi lebih efisien dan mudah, bahkan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun menggunakan smartphone.

Sesi selanjutnya peserta diajak berkeliling kebun P4S PMK Gobleg, peserta pelatihan sangat excited dan gembira sekali karena mereka mendapatkan cara-cara baru untuk bisa dikembangkan di daerah mereka masing-masing mereka pun berkeliling dan bertanya kepada Champion P4S PMK Gobleg mengenai cara berbudidayanya, perawatannya, pengendalian OPT nya yang ingih diketahui oleh para peserta.

Selanjutnya peserta diajak ke rumah bibit untuk membuat bibit sayuran hortikultura yang bervarietas baik dan unggul, para peserta pun praktek langsung membuat bibit di rumah bibit yang didampingi oleh Gede Suardita dan Anggota Poktan PMK Gobleg untuk mengarahkan para peserta pelatihan serta sharing-sharing mengenai proses pembibitan.

Sesi selanjutnya para peserta mengambil bibit yang sudah siap ditanam dan sudah disemai dari rumah bibit menuju ke pengolahan lahan, disini para peserta belajar cara pengolahan lahan , membuat bedengan, sampai dengan persiapan lahan yang sudah siap ditanami bibit.

Peserta langsung praktek pengolahan lahan dan membuat bedengan dengan petunjuk masing-masing champion. setelah pengolahan lahan peserta langsung menanam bibit di lahan yang sudah di siap ditanami bibit.

Dilanjutkan oleh Duta Petani Milenial Kementan Pasek Wijaya yang memberikan arahan mengenai Smart Farming dan mengenalkan alat-alat untuk digitalisasi Smart Farming kepada para peserta pelatihan, alat-alat yang dibutuhkan serta fungsinya dan juga biaya yang diperlukan untuk menggunakan digitalisasi smart farming.

Peserta juga terjun langsung ke kebun P4S PMK Gobleg untuk praktek panen brokoli yang sudah siap dipanen.

Berakhirnya sesi acara dengan penutupan kepada peserta pelatihan serta kesan dan peserta dalam melakukan kegiatan pelatihan di P4S PMK Gobleg.

Semoga ilmu yang didapat dari kegiatan pelatihan di P4S PMK Gobleg ini bisa bermanfaat serta bisa diterapkan di masing-masih daerah peserta pelatihan yang sudah mengikutinya.

Tetap Maju Bersama,

Salam Petani Muda Keren !

Posted in News PMK.

Leave a Reply

Your email address will not be published.