Kunjungan Pelatihan Peserta IPDMIP Academy Ke P4S Petani Muda Keren

Kegiatan pelatihan hari pertama yang dilakukan oleh peserta IPDMIP Academy adalah berkunjung ke P4S PMK Gobleg yang khusus bergerak dalam bidang budidaya sayuran hortikultura organik dan digitalisasi smart farming yang sudah diterapkan di kebun-kebun petani PMK Gobleg.

Kata sambutan dari Ketua Petani Muda Keren A A Gede Agung Wedhatama yang memberikan semangat kepada peserta pelatihan agar bisa mengikuti pelatihan dengan baik.

Ucapan selamat datang dari Ketua P4S PMK Gobleg Gede Suardita selaku tuan rumah kepada seluruh peserta pelatihan, dan memberikan pemaparan materi mengenai berbudidaya hortikultura organik, bertani yang sehat dan selaras dengan alam serta  memberikan strategi-strategi dan motivasi untuk membangun semangat kepada peserta pelatihan agar pelan-pelan bertani secara organik.

Gede suardita juga berbagi pengalaman mengenai bertani organik yang memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri hingga proses penanganannya.

Selanjutnya dari Ketua P4S PMK Karya Sari Sedana Nengah Sumerta yang menyapa seluruh peserta pelatihan dan memberikan pemaparan materi mengenai Internet Of Things Smart Farming yang sudah diterapkan di beberapa kebun saat ini.

Peserta pelatihan diajak trip keliling kebun PMK Gobleg untuk melihat-lihat tanaman yang sudah dibudidayakan secara organik, mengunjungi rumah bibit dan langsung praktek pembuatan bibit yang dipandu oleh teman-teman PMK Gobleg. Peserta pelatihan juga diajak untuk mengolah lahan kebun yang siap ditanami bibit yang sudah disemai dan siap dipindahkan ke lahan kebun, mulai dari proses pembuatan bedengan, pemasangan mulsa, pelubangan pada mulsa sampai dengan pemberian trichoderma untuk fermentasi pupuk di lahan.

Para peserta sangat senang dan gembira sekali , setelah pengolahan lahan selesai peserta langsung menanam bibit yang sudah di ambil dari rumah bibit dan melakukan penanaman bibit cabai dan brokoli di lahan kebun dan melakukan pemanenan brokoli yang sudah siap dipanen di lahan kebun PMK Gobleg.

Sesi selanjutnya dilanjutkan dari pengenalan alat-alat mekanisasi smart farming dipandu oleh Pasek Wijaya selaku DPM yang bergerak dalam bidang instalisasi smart farming. Mengenalkan jenis alat dan fungsinya kepada para peserta pelatihan yang ingin mengembangkan smart farming di wilayah mereka.

 

Kegiatan pelatihan yang kedua, peserta pelatihan berkunjung ke P4S PMK Mimba Farm yang bergerak dalam bidang Budidaya Hidroponik. Para peserta pelatihan belajar mengenai Management Bisnis, Budidaya Hidroponik & Literasi Digital Pemasaran Produk Pertanian.

Sambutan selamat datang yang disampaikan oleh Ketua P4S PMK Mimba Farm Wayan Mudita kepada peserta pelatihan, beliau juga memberikan strategi-strategi yang harus dimiliki jika berbisnis menggunakan sistem hidroponik kelebihannya serta kekurangannya dan juga beliau menjelaskan secara rinci agar anak muda berani menggunakan sistem hidroponik yang selama ini dikenal sangat mahal dan prospek bisnis kedepannya yang harus dicapai agar sesuai dengan target serta modal yang sudah dikeluarkan.

Pemaparan materi mengenai budidaya hidroponik dibawakan oleh Made Surya beliau menjelaskan jika berbudidaya hidroponik dapat dilakukan dimana saja, mudah, murah dan juga menyenangkan, apa saja kelebihan hasil panen sayuran hidroponik, serta alat dan bahan apa saja yang harus digunakan dalam berbudidaya kepada peserta pelatihan.

Dibuka dengan sesi tanya jawab kepada peserta pelatihan , ternyata banyak peserta yang sudah menerapkan dirumah dan ada juga bahkan yang tertarik untuk mengembangkan sistem ini saat sudah kembali ke daerah masing-masing setelah mengetahui langkah-langkah dan kelebihan menggunakan sistem budidaya hidroponik

Sesi selanjutnya dilanjutkan oleh Narasumber Agung Istri Sari Dewi selaku Ketua P4S PMK Bali Organik Subak mengenai Literasi Digital Pemasaran Produk Pertanian , beliau memberi banyak sekali tips-tips menarik kepada peserta pelatihan contohnya bagaimana menarik minat konsumen agar mengunjungi website dan social media penjualan, design produk dan memberikan promo-promo yang membuat konsumen membeli produk-produk kembali.

Peserta juga berkunjung ke kebun hidroponik melihat cara perawatan sayuran hidroponik yang sudah diterapkan, bahan dan alat yang sudah digunakan mulai dari pembibitan sampai dengan penanaman sayuran hidroponik.

 

Kegiatan pelatihan yang ketiga berkunjung ke P4S PMK Wiwanda Agrow yang bergerak dalam bidang Agro Edu Wisata Petik Strawberry. Materi yang akan diberikan kepada peserta pelatihan adalah Budidaya Strawberry Hulu Hilir, AgroWisata & Budidaya Florikultura yang akan dibawakan oleh masing-masing champion P4S PMK.

Kata sambutan selamat datang diberikan dari ketua P4S PMK Wiwanda Agrow Gede Adi Mustika, beliau menjelaskan tentang berbudidaya strawberry hulu hilir dari cara pembibitan dan perawatan tanaman strawberry dengan sistem hidroponik dan cara-cara untuk mengembangkan agro wisata petik strawberry sampai dengan pemasarannya.

Sambutan Dari Ketua FK P4S Petani Muda Keren menyapa para peserta pelatihan dan memberikan motivasi kepada para peserta agar dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh dan memberikan perubahan dengan ilmu-ilmu yang sudah di dapat selama mengikuti pelatihan serta mulai untuk menrapkannya di daerah mereka masing-masing.

Wayan Seria Champion P4S PMK Bali Buyan Berry, Nyoman Mara Champion P4S PMK Sayram Garden memberikan strategi-strategi khusus kepada para peserta pelatihan mulai dari cara berbudidaya sampai dengan proses marketing produk.

Gede Adi Mustika mengajarkan para peserta untuk turun langsung ke lahan dan melakukan proses-proses berbudidaya strawberry hidroponik, dari memasukan tanah ke polybag sampai dengan menanam bibit strawberry menggunakan sistem hidroponik.

Sesi selanjutnya peserta mengunjungi P4S PMK Soewan Garden , peserta diajak berkeliling ke tempat agro wisata dan budidaya bunga potong florikultura Gede Sudiatmika selaku ketua P4S PMK Soewan Garden menjelaskan bagaimana proses berbudidaya bunga potong dimulai dari pembibitan, perawatan, pasca panen, sampai dengan pemasaran.

Gede Sudiatmika juga memberikan strategi pemasaran produk yang sudah dijalaninya dan bagaimana cara memilih kualitas produk yang sesuai dengan harga pasar.

 

Kegiatan pelatihan yang keempat, peserta berkunjung ke P4S PMK Baliorganikultur yang bergerak dalam bidang pembuatan pupuk organik & agen hayati. Materi yang akan diberikan pada pelatihan ini yaitu teknik pembuatan pupuk organik, agen hayati dan pembuatan pestisida nabati.

Sambutan dari Ketua P4S PMK Baliorganikultur Gede Suparman memberikan pemaparan materi mengenai cara pembuatan pupuk organik, mencintai alam, dan menjelaskan bahan-bahan apa saja yang menjadi bahan olahan yang digunakan untuk proses pembuatan pupuk organik.

Peserta juga langsung diajak praktek pembuatan pupuk organik, mulai dari mengenalkan bahan-bahan yang digunakan, campuran bakteri nya apa saja sampai menjadi pupuk yang siap digunakan di lahan.

Sesi selanjutnya dilanjutkan oleh Ketut Punia selaku Champion Pestisida Nabati, beliau menjelaskan tahapan-tahapan cara pembuatan pestisida nabati kepada peserta pelatihan serta mengenalkan kegunaan bahan-bahan yang digunakan sampai menjadi pestisida nabati yang siap digunakan di lahan.

 

Kegiatan pelatihan yang kelima yaitu berkunjung ke P4S PMK Buleleng Agro yang bergerak dalam bidang pembibitan tanaman perkebunan. Materi yang akan diberikan kepada peserta pelatihan yaitu pembibitan tanaman perkebunan serta melakukan digitalisasi smart farming.

Sambutan dari Ketua P4S PMK Buleleng Agro Gede Adi Asaning yang memberikan materi mengenai pembibitan tanaman perkebunan, tekhnik-tekhnik yang digunakan untuk menyambungkan bibit tanaman serta cara menyemai biji hingga menjadi bibit. Beliau juga mengajarkan cara menyambungkan pucuk pada bibit tanaman perkebunan. Peserta pun langsung praktek cara menyambungkan pucuk pada bibit tanaman perkebunan yang didampingi oleh Gede Adi Asaning.

Sesi selanjutnya penjelasan mengenai mekanisasi pertanian smart farming yang dipaparkan langsung oleh Ketua P4S PMK Karya Sari Sedana Nengah Sumerta kepada peserta pelatihan , mulai dari biaya alat-alat smart farming hingga kegunaan dan keuntungan menggunakan smart farming dalam bidang pertanian.

Dilanjutkan oleh Pasek Wijaya yang memberi cara pemasangan digitalisasi pompa smart farming yang akan dipasang di lahan perkebunan kepada peserta pelatihan , peserta pun langsung dibentuk team dan praktek merakit alat-alat digitalisasi smart farming. Tujuannya agar para peserta pelatihan bisa menerapkan smart farming di daerah mereka masing-masing karena sudah mengetahui alat-alat apa saja yang digunakan, cara pemasangannya bagaimana, serta kegunaanya. Peserta sangat semangat , dan saling menjaga kekompakan team satu sama lain.

Kegiatan pelatihan uyang keenam yaitu peserta diajak membentuk Positive Mental Attitude, Character Building, Financial Management, Digital Literacy, Internet Marketing & Bussiness Modal Canvas.

Menjadi petani muda tidak hanya harus pintar di budidaya hulu dan pemasaran hilir tapi juga wajib memiliki sikap mental positif dengan karakter kuat untuk selalu dapat berfikir, berbicara, dan bersikap positif atas segala hal dengan keyakinan penuh cinta, syukur dan sukacita.

Kegiatan pelatihan yang ketujuh yaitu peserta pelatihan berkunjung ke P4S PMK Bali Sri Organik yang bergerak dalam bidang budidaya padi organik metode SRI.

Sambutan dari Bapak Dr Wasis Sarjono selaku Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu yang berkunjung ke P4S PMK BSO untuk menengok anak-anak pelatihan IPDMIP Academy selama menjalani kegiatan di Bali. Banyak harapan dan nasehat yang diberikan oleh beliau kepada peserta pelatihan yang mengikuti pelatihan ini. Agar apa yang didapatkan selama pelatihan bisa menjadi modal untuk lebih maju dan bisa diterapkan di daerah mereka masing-masing.

Lalu sambutan selamat datang dari Ketua P4S Bali Sri Organik Gusde Arsana memberikan materi mengenai bagaimana berbudidaya padi secara organik, mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, perawatan, pasca panen hingga pemasaran produk.

Para peserta sangat tertarik oleh strategi yang dilakukan oleh Gusde Arsana , banyak pertanyaan yang bermunculan agar peserta juga bisa menerapkannya dan berbudidaya secara organik.

Peserta juga mengunjungi sawah yang dikelola oleh Gusde Arsana dan anggota PMK BSO yang sudah ditanami padi untuk melihat bagaimana cara penanaman padi secara organik.

 

Kegiatan pelatihan yang kedelapan, peserta pelatihan berkunjung ke P4S PMK Bali Organik Subak yang bergerak dalam bidang Literasi Digital Pemasaran Produk Pertanian. Materi yang akan dipelajari adalah pemasaran produk pertanian menggunakan perkembangan teknologi yaitu social media.

Sambutan selamat datang disampaikan oleh Agung Istri Sari Dewi selaku Ketua P4S PMK BOS kepada peserta pelatihan dan juga pemaparan materi mengenai social media marketing , bagaimana mengajak konsumen agar senang berbelanja dan tertarik mengunjungi laman website dan memberikan tips agar konsumen datang berbelanja lagi.

Peserta juga melihat bagaimana cara packing produk pertanian yang sudah dilakukan di BOS Fresh, Promo-promo yang dilakukan untuk menarik daya minat konsumen, dan juga delivery produk sampai dengan ke tangan konsumen.

 

Setelah selesai melakukan pelatihan di P4S PMK BOS , peserta diajak makan malam di Jimbaran untuk menyantap seafood yang sangat luar biasa enaknya dengan view pantai jimbaran yang indah. Peserta bernyanyi, bergoyang, serta bergembira bersama.

Para peserta juga mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di bali , mereka berfoto-foto dan mengabadikan moment mereka masing-masing.

Penutupan acara peserta pelatihan IPDMIP Academy bersama P4S Petani Muda Keren berakhir dengan sangat bahagia. Peserta memberikan kesan dan pesan selama mengikuti pelatihan di Bali

Peserta juga membacakan puisi yang sangat indah dengan penuh rasa berterima kasih dan bersyukur, penyerahan sertifikat kepada peserta pelatihan dan salam-salam kebaikan disampaikan oleh seluruh peserta.

Kami dari Petani Muda Keren berharap semoga ilmu-ilmu yang sudah didapat selama mengikuti kegiatan pelatihan di P4S bisa diterapkan di masing-masing daerah.

Sampai jumpa lagi di pelatihan selanjutnya !

Tetap menjadi Petani yang Maju , Mandiri & Modern

Salam Petani Muda Keren !

Posted in News PMK.

Leave a Reply

Your email address will not be published.